JudulPENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK DI KELOMPOK B TK KEMALA BHAYANGKARI 01 PALU |
Nama: KEKE SANDRINA THOMPA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Keke Sandrina Thompa, (2022) “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Kelompok B TK kemala Bhayangkari 01 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Andi Agusniatih. Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan sosial emosional anak yang belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan kemampuan sosial emosional anak. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun subyek dalam penelitian ini yaitu semua anak yang ada dikolmpok B TK Kemala Bhayangkari 01 Palu dengan jumlah anak 21 orang. Rata-rata nilai kemampuan sosial emosional anak terdapat 50,79?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), ada 41,26?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), ada 7,93?lam kategori Mulai Berkembang (MB), dan 0?lam kategori Belum Berkembang (BB). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji t. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional anak, jika dilihat dari nilai t dapat dijalaskan bahwa nilai t hitung sebesar -1.724 dengan signifikan 0,000. Karena signifikan <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat pengaruh bermain peran terhadap perekembangan sosial emosional anak pada kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 01 Palu. Kata Kunci:Metode Bermain Peran, Perkembang Kemampuan Sosial Emosional. |