Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Kelompok B PAUD TK Nurul Islam Lambara
Nama: SISI ALVIONITA
Tahun: 2023
Abstrak
Sisi Alvionita (2022) “Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Kelompok B Paud TK Nurul Islam Lambara”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing satu Andi Agusniatih, pembimbing kedua Amrullah. Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan Bahasa anak yang belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan Bahasa anak. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun subyek dalam penelitian ini yaitu semua anak yang ada dikolmpok B Paud TK Nurul Islam Lambara dengan jumlah anak 18 orang. Rata-rata nilai kemampuan Bahasa anak terdapat 48,15?lam kategori Berkembang Sangat Baik, ada 35,19?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan, ada 16,67?lam kategori Mulai Berkembang, dan 0?lam kategori Belum Berkembang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji t. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan bahasa anak, jika dilihat dari nilai t dapat dijalaskan bahwa nilai t hitung sebesar -9,901 dengan signifikan 0,000. Karena signifikan <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan Bahasa anak pada kelompok B Paud TK Nurul Islam Lambara. Kata Kunci : Metode Bercerita, Perkembangan Bahasa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up