Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN ANAK BERBAHASA DI KELOMPOK B TK PAUD TA’AMAL DESA LABIBI KECAMATAN PELINGTENGAH
Nama: DEWI SAFITRI B.MAUNDENG
Tahun: 2023
Abstrak
Dewi safitri B.Maundeng (2022). “Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Anak Berbahasa Di Kelompok B TK-PAUD Ta’amal Desa Labibi Kecamatan Peling Tengah”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembibiming I : Fitriana dan Pembimbing II : Amrullah Masalah dalam penelitian ini, yaitu kemampuan anak berbahasa di kelompok B TK-PAUD Ta’amal Desa Labibi belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan anak berbahasa di kelompok B TK-PAUD Ta’amal Desa Labibi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menggambarkan keadaan sesungguhnya dan kemudian disimpulkan. Subyek penelitian ini, yaitu 15 anak, adapaun teknik pengumpulan data dalampenelitian ini adalah menggunakan teknik obsevasi, teknik dokumentasi dan wawancara. Selanjutnya dari hasil analisis deskriptif, nilai rata-rata kemampuan anak berbahasa 51,11 ?la kategori Berkembang Sangat Baik, 31,11?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan, 17,78 dalam kategori Mulai Berkembang, 0?lam kategori Belum Berkembang Sedangkan pengolahan data dalam penelitian menggunakan uji t hitung sebesar 6.139 dengan nilai signifikan .0,00. karena signifikannya < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, dapat di simpulkan bahwa metode bercerita memiliki pengaruh terhadap kemampuan anak berbahasa di kelompok B TK-PAUD Ta’amal Desa Labibi Kecamatan Peling Tengah. Kata Kunci : Metode Bercerita, Kemampuan Bahasa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up