JudulPENGARUH PERMAINAN MAZE TERHADAP KEMAMPUAN ANAK MENGENAL LAMBANG BILANGAN DI KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATFAL BAMBALEMO KECAMATAN PARIGI |
Nama: FARHANA S. DJIBRAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Farhana S. Djibran (2020). Pengaruh Permainan Maze terhadap Kemampuan Anak Mengenal Lambang Bilangan di Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bambalemo Kecamatan Parigi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing: Hj. Shofiyanti Nur Zuama. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan mengenal lambang bilangan anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan maze terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak. Metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen deskriptif. Adapun subjeknya adalah anak didik di Kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Atfal Bambalemo berjumlah 10 anak, terdiri dari 8 anak laki- laki dan 2 anak perempuan, terdaftar tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase dan uji-t. Hasil rekapitulasi nilai rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan anak sebelum maupun sesudah, kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dari 13,33% menjadi 40%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dari 30% menjadi 40%, kategori Mulai Berkembang (MB) dari 36,67% menjadi 10%, dan kategori Belum Berkembang (BB) memiliki nilai yang tetap sama yaitu 10%. Hasil uji t dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung sebesar 3,973 dengan signifikansi 0.000, karena signifikannya < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, berarti permainan maze sangat berpengaruh terhadap kemampuan anak mengenal lambang bilangan di Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Atfal Bambalemo Kecamatan Parigi. Kata Kunci: Permainan Maze, Lambang Bilangan |