Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI KELOMPOK B PAUD TK AL-KHAIRAT DESA KAVAYA
Nama: ELLA SARI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Ella Sari, (2022) “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak di Kelompok B PAUD TK Al-Khairat Desa Kavaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Dr. Andi Agusniatih, M.Si. Pembimbing II Fitriana. Permasalahan utama pada penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal anak yang masih dalam kategori rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal anak. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun subyek penelitian ini adalah seluruh anak di kelompok B yang berjumlah 13 orang anak, yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data ini dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis data sebelum dan sesudah menggunakaan metode bermain peran, aspek kerjasama kategori ST dari 0% menjadi 23,08%, kategori T dari 15,38% menjadi 53,85%, kategori S dari 30,77?rkurang menjadi 15,38%, dan untuk kategori R dari 53,85% tersisa menjadi 7,69%. Untuk aspek sopan santun kategori ST dari 0% menjadi 15,38%, kategori T dari 23,08% menjadi 53,85%, kategori S 23,08% tetap menjadi 23,08%, dan untuk kategori R dari 53,85?rkurang menjadi 7,69%. Untuk aspek tolong menolong, kategori ST dari 7,69% menjadi 23,08%, kategori T dari 15,38% menjadi 53,85%, kategori S dari 23,08% tetap menjadi 23,08%, dan untuk kategori R 53,85% turun menjadi 0%. Rata-rata nilai ketiga aspek untuk kategori ST 2,56% menjadi 20,51%, kategori T 17,95% menjadi 53,85%, kategori S 25,64 turun menjadi 20,51%, dan untuk kategori R 53,85% tersisa 5,13%. Pengolahan data dialakukan dengan teknik presetase uji t. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh metode bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal anak, jika dilihat dari nilai t dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung sebesar -7,852 dengan signifikan 0,000. Karena signifikan <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat pengaruh metode bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal anak pada kelompok B di TK Al-Khairat Desa Kavaya. Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Kecerdasan Interpersonal

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up