JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B TK AL-KHAIRAT MARANA KAVAYA |
Nama: AFDINDA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Afdinda (2024), Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Tk Al-Khairat Marana Kavaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing I : Andi Agusniatih Dan Pembimbing II : Amrullah. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak. Metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjeknya adalah anak didik di Kelompok B Tk Al-Khairat Marana Kavaya, yang berjumlah 17 anak terdiri dari 9 anak laki- laki dan 8 anak perempuan, adapun tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui tekhnik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan tekhnik presentase dan uji tesis hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh kegiatan penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak. Selanjutnya dari hasil analisis deskriptif, nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan anak 62,73?lam kategori Berkembang Sangat Baik, 21,56?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan, 15,56?lam kategori Mulai Berkembang, dan 0?lam kategori Belum Berkembang. Dari uji tesis dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung sebesar 16.727 dengan signifikan 0.000, karena signifikannya < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kata bergambar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca permulaaan anak di Kelompok B Tk Al-Khairat Marana Kavaya. Kata Kunci : Kartu Kata Bergambar, Membaca Permulaan |