JudulPengaruh Kegiatan Tari Kreasi Terhadap Pengembangan Motorik Kasar Anak Di Kelompok B3 TK Adhyaksa XXII Palu |
Nama: FEBI NOVITASARI PEGIA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Febi Novitasari Pegia (2020). "Pengaruh kegiatan tari kreasi terhadap pengembangan motorik kasar anak di kelompok B3 TK Adhyaksa XXII palu". Skripsi, program studi pendidikan guru pendidikan anak usia dini. Jurusan ilmu pendidikan, universitas Tadulako. Pembimbing ibu Hj. Shofiyanti Nur zuama. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan tari kreasi terhadap pengembangan motorik kasar anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen deskriptif. Subyek penelitian berjumlah 36 anak, terdiri dari 25 anak laki-laki dan 11 anak perempuan, terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: (1) lembar observasi; (2) wawancara; dan (3) dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji t t hitung > t tabel. (6.670>2,042), maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Berarti terdapat kegiatan tari kreasi berpengaruh terhadap pengembangan motorik kasar anak di kelompok B3 TK Adhyaksa XXII palu. Berdasarkan hasil rekapitulasi motorik kasar anak sebelum maupun sesudah diberikan perlakuan kegiatan tari kreasi, terdapat 1,85% menjadi 22,23?lam kategori BSB, ada 26, 85% menjadi 43, 51% kategori BSH, ada 44,45% menjadi 34,26% kategori MB, dan ada 26,85% menjadi tidak ada anak lagi dalam kategori BB. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kegiatan tari kreasi berpengaruh terhadap pengembangan motorik kasar anak di kelompok B3 TK Adhyaksa XXII palu. Kata kunci : Kegiatan Tari Kreasi, Motorik Kasar Anak |