JudulHUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MINAT BELAJAR ANAK DIKEOLMPOK B1 TK KEMALA BHAYANGKARI 01 PALU |
Nama: WIRNA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Wirna 2016 " Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Minat Belajar Anak Di Kelompok B1 TK Kemala Bhayangkari 01 Palu". Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) : Besse Nirmala. Permasalahan utama pada penelitian ini adalah apakah ada hubungan pola asuh orang tua dengan minat belajar anak di kelompok B1 TK Kemala Bhayangkari 01 Palu. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan minat belajar anak di Kelompok B1 TK Kemala Bhayangkari 01 Palu. Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti melakukan metode pendekatan kuantitatif atau jenis penelitian korelasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok B1 TK Kemala Bhayangkari 01 Palu tahun ajaran 2020/2021. Subyek penelitian berjumlah 12 anak. teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa dari 12 anak. Terdapat 2 anak (16,67%) menggunakan model pola asuh demokratis, 8 anak (66,66%) menggunakan model pola asuh otoriter, dan 2 anak (16,67%) menggunakan model pola asuh permisif. Berdasarkan hasil analisis dari subyek penelitian mengenai pola asuh demokratis terdapat 2 anak (100%) dalam kategori Sangat Tinggi, Selanjutnya untuk pola asuh otoriter terdapat 8 anak yaitu 4 anak (50%) dalam kategori Tinggi, 4 anak (50%) dalam kategori Sedang, Selanjutnya untuk pola asuh permisif terdapat 2 anak (100%) dalam kategori Sedang. Untuk menguji apakah hipotesis diterima atau ditolak, digunakan taraf signifikasi 95% (a=0,05) dan konsultasikan pada nilai rtabel product moment dengan kriteria, yaitu apabila rhitung ? rtabel, maka HO (hipotesis nol) ditolak, dan apabila rhitung ? rtabel, maka HO (hipotesis nol) diterima. Maka hasil analisis yang diperoleh r hitung 0,750 ? r tabel 0,576 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara pola asuh orang tua dengan minat belajar anak. Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Minat Belajar Anak Usia Dini |