JudulPENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAPPERKEMBANGAN NILAI AGAMA ANAKKELOMPOK A2 TK AISYIYAHBUSTANUL ATHFAL 1KECAMATAN PALU TIMUR KOTA PALU |
Nama: TITIWINARNI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Titi Winarni (2020). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Perkembangan Nilai Agama Anak di Kelompok A2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 palu. Skripsi. Program Studi pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pemdidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Haerul Annuar. Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan nilai agama anak belum berkembang sesuai harapan. Tujuan adalah untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap perkembangan nilai agama anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen. Adapun subjek penelitian ini adalah anak Kelompok A2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Palu yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji t (paried sampel t-test). Data hasil rekapitulasi pengamatan perkembangan nilai agama anak sebelum diberikan perlakuan berupa metode demonstrasi, dalam tiga aspek yang telah diamati, tidak diperoleh rata-rata pada kategori BSB, kategori BSH sebanyak 20%, kategori MB 57%, dan kategori BB 23%. Setelah diberikan perlakuan berupa metode demonstrasi, dari hasil rakapitulasi pengamatan perkembangan nilai agama anak sesudah diberikan perlakuan berupa metode demonstrasi, dalam tiga aspek yang diamati rekapitulasinya diperoleh rata-rata pada kategori BSB 30%, kategori BSH 35%, kategori MB 28%, dan kategori BB 7%. Berdasarkan hasil data perhitungan uji t diperoleh nilai thitung ? ttabel(10.614 ? 1729) dan nilai signifikasi 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolah dan H1 diterimah, yang berarti terdapat pengaruh metode demonstrasi terhadap perkembangan nilai agama anak dikelompok A2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Palu Kata Kunci : Anak Usia Dini ; Motode demonstrasi : Perkembangan Nilai Agama ; pendekatan Kuantitatif ; Penetian Eksperimen |