JudulPENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENGEMBANGAN NILAI-NILAI MORAL ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELOMPOK B TK NIDAUL KHAIRAAT DESA SILANGA KECAMATAN SINIU KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: SITTI FATIMA DG. PATOMPO |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Sitti Fatima Dg. Patompo (2023) “Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Pengembangan Nilai-nilai Moral Anak Pada Masa Covid-19 Di Kelompok B TK Nidaul Khairaat Desa Silanga Kecamatan Siniu Kabupaten Parigi Moutong”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Andi Agusniatih, Pembimbing (II) Amrullah. Masalah utama dalam penelitian ini adalah nilai-nilai moral anak belum berkembang sesuai harapan, hal itu dapat di lihat masih banyak anak yang sopan santunnya belum baik, masih banyak juga anak acuh tak acuh, atau tidak respontif dalam tolong menolong, dan masih banyak juga anak belum mampu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap pengembangan nilai-nilai moral anak usia dini. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen deskriptif. Subjek penelitian melibatkan 11 orang anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data hasil rekapitulasi pengamatan nilai-nilai moral anak usia dini sebelum diberi perlakuan pada aspek sopan santun, tolong-menolong, dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) terdapat 0%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) terdapat 21,3%, kategori Mulai Berkembang (MB) terdapat 30,3%, dan kategori Belum Berkembang (BB) terdapat 48,4%. Setelah diberikan perlakuan yaitu kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) terdapat 21,2%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) terdapat 45,4%, kategori Mulai Berkembang (MB) terdapat 21,2 %, dan kategori Belum Berkembang (BB) terdapat 12,1%. Berdasarkan hasil data perhitung uji t diperoleh nilai t hitung < tabel> t table 1.81246, dan nilai siginifikan 0.000 < 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa H? ditolak dan H? diterima, yang berarti terdapat pengaruh metode demonstrasi terhadap pengembangan nilai-nilai moral anak usia dini pada masa pandemi covid-19 di kelompok B TK Nidaul Khairaat Desa Silanga Kecamatan Siniu Kabupaten Parigi Moutong. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Nilai-nilai Moral, Anak Usia Dini |