JudulPENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK A TK NEGERI MODEL TERPADU MADANI KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU |
Nama: PEBRIANTI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Pebrianti. (2019). Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Kognitif Anak di kelompok A TK Negeri Model Terpadu Madani Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dni, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hj. Shofiyanti Nur Zuama. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan adalah untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap kemampuan kognitif anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Deskriptif. Adapun subjek penelitian seluruh anak didik di kelompok A TK Negeri Model Terpadu Madani Kecamatan Mantikulore Kota Palu yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase dan uji t diperoleh nilai thitung ? ttabel (8.367 > 1.761). Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh media gambar terhadap kemampuan kognitif anak di kelompok A TK Negeri Model Terpadu Madani Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Data hasil rekapitulasi kemampuan kognitif anak sebelum diberikan perlakuan berupa media gambar, dalam tiga aspek yang diamati rata-rata tiap kategori, terdapat anak dalam kategori BSB 11,33%, ada 11,11% kategori BSH, ada 48,89% kategori MB, dan ada 28,67% kategori BB. Sesudah menggunakan media gambar, dari hasil rekapitulasi pengamatan sesudah diberikan perlakuan berupa gambar, dalam tiga aspek yang diamati kategori BSB ada 22,22%, kategori BSH ada 48,89%, kategori MB ada 22,22%, dan kategori BB ada 6,67%. Dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar dapat mempengaruhi kemampuan kognitif anak di kelompok A TK Negeri Model Terpadu Madani Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Kata kunci: Media Gambar, Kemampuan Kognitif |