Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN ANAK BERBICARA DI KELOMPOK B TK AL-KHAIRAAT BATUSUYA KECAMATAN SINDUE TOMBUSABORA KABUPATEN DONGGALA
Nama: NURUL MUQARRIBATUN NISA
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Nurul Muqarribatun Nisa. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Anak Berbicara di Kelompok B TK Al-Khairaat Batusuya Kecamatan Sindue Tombusabora Kabupaten Donggala. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Hj. Shofiyanti Nur Zuama. Masalah Pokok dalam Penelitian ini adalah kemampuan anak berbicara belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasui masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen Deskriptif, adapun subjek seluruh anak di Kelompok B TK Al-Khairaat Batusuya Kecamatan Sindue Tobusabora Kabupaten Donggala yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui, observas, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik presentase. Data sebelum melakukan metode bercerita Kelancaran bertanya tidak terdapat anak dalam kategori BSB dan kategori BSH, 5 anak (41.67%) dalam kategori MB dan 7 anak (58.33%) dalam kategori BB. Penguasaan Kosa Kata terdapat 1 anak (8.33%) dalam ketegori BSH, 8 anak (66.67%) dalam kategori MB, dan 3 anak (25%) dalam kategori BB. kemampuan menceritakan isi kembali tidak terdapat anak dalam kategori BSB, 3 anak (25%) dalam ketegori BSH, 5 anak (41.67%) dalam kategori MB, dan 4 anak (33.33%) dalam kategori BB. Setelah menggunakan metode bercerita, kelancaran bertanya terdapat 3 anak (25%) dalam kategori BSB, 5 anak (41.67%) dalam kategori BSH, 4 anak (33.33%) dalam kategori MB, dan tidak terdapat anak dalam kategori BB. Penguasaan kosa kata terdapat 2 anak (16.67%) dalam kategori BSB, 6 anak (50%) dalam kategori BSH, 4 anak (33.33%) dalam kategori MB, dan tidak terdapat anak dalam kategori BB. kemampuan menceritakan isi kembali terdapat 4 anak (33.33%) dalam kategori BSB, 5 anak (41.67%) dalam kategori BSH, 3 anak (25%) dalam kategori MB, dan tidak terdapat anak dalam kategori BB. Kata Kunci : Metode Bercerita, Kemampuan Berbicara

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up