JudulHUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PENGEMBANGAN EMOSI ANAK DI KELOMPOK A TK NEGERI MODEL TERPADU MADANI KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU |
Nama: NURLIANA PALAMBA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Nurliana Palamba. (2019), Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Pengembangan Emosi Anak di Kelompok A TK Negeri Model Terpadu Madani Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Hasil Penelitian, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Ibu Hj. Shofiyanti Nur Zuama. Permasalahan dalam Penelitian ini adalah emosi anak belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pola asuh orangtua dengan pengembangan emosi anak. Adapun subyek seluruh anak di Kelompok A TK Negeri Model Terpadu Madani Kecamatan Mantikulore Kota observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 15 orangtua anak Palu, berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui,, terdapat 10 orangtua (66,67%) dengan pola asuh demokratis, ada 5 anak (33,33%) dengan pola asuh otoriter. Dari 10 anak yang dikualifikasikan pola asuh demokratis dapat dilihat pengembangan emosi anak terdapat (30%) kategori BSB,(46,67%) kategori BSH ,(23,33%) kategori MB dan tidak ada anak dalam kategori BB. Selanjutnya pengembangan emosi anak pada pola asuh otoriter tidak terdapat anak dalam kategori BSB, terdapat (13,33%) kategori BSH, (73.33%) kategori MB, (13,33%) kategori BB. Berdasarkan Pengolahan data yang dilakukan dengan tekhnik presentase dan uji r (paired sample r-test). Berdasarkan hasil data perhitungan uji r diperoleh nilai rhitung ? rtabel (0.685 ? 0.514), maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat hubungan pola asuh orangtua dengan pengembangan emosi anak di kelompok A TK Negeri Model Terpadu Madani Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Kata Kunci : Pola Asuh Orangtua, Emosi |