JudulPENGARUH METODE BERMAIN PERSN TERHADAP KEMAMPUAN ANAK BERKOMUNIKASI KELOMPOK B PAUD TERPADU AL – FIQIHIYA PALU |
Nama: NURIFANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nurifani, (2020), Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap kemampuan Anak Berkomunikasi Di Kelompok B PAUD Terpadu Al- Fiqiya Palu, Skripsi Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universtas Tadulako Pembimbing I Putu Suwika. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan anak berkomunikasi belum berkembang sesuai harapan. Tujuan adakah untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan anak berkomunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Adapun subjek penelitian ini adalah anak di kelompok B PAUD Terpadu AL –Fiqiyah Palu yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji (Paired sample t-test) Data hasil rekapitulasi pengamatan kemampuan anak berkomunikasi sebelum diberikan perlakuan berupa metode bermain peran , dalam tiga aspek yang diamati, terdapat 8,89% pada kategori BSB, 11,11% pada katogeri BSH, 28,89% pada kategori MB, dan 51,11% pada kategori BB. Setelah diberiakn perlakuan berupa metode bermain peran dari hasil rekapitulasi pengamatan kemampuan anak berkomunikasi pada tiga aspek yang telah diamati, diperoleh rata –rata 48,89 % pada kategori BSB, 35,56%pada kategori BSH, 15,55% pada Kategori MB, dan 0% Pada Kategori BB. Berdasarkan hasil data perhitungan uji t diperoleh nilai disimpulkan bahwa H0 ditolak H1 diterima , yang berarti terdapat pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan anak berkomunikasi dikelompok B PAUD Terpau Al- fiqiyah Palu. Kata Kunci : Anak Usia Dini : metode bermain peran : kemampuan anak Berkomunikasi : Penelitian Eksperimen |