JudulPENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DIKELOMPOK B2 TK ADHYAKSA XXII PALU |
Nama: NUR RAHMA |
Tahun: 2020 |
Abstrak MASALAH DALAM PENELITIAN INI ADALAH PERKEMBANGAN BAHASA ANAK BELUM BERKEMBANG SESUAI HARAPAN . TUJUAN ADALAH UNTUK MENGETAHUI PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK. METODE PENELITIAN YANG DIGUNAKAN ADALAH METODE PENDEKATAN KUANTITATIF DAN JENIS PENELITIAN EKSPERIMEN. ADAPUN SUBJEK PENELITIAN INI ADALAH ANAK DI KELOMPOK B2 TK ADHYAKSA XXII PALU YANG BERJUMLAH 21 ANAK. TEKNIK PENUMPULAN DATA DI LAKUKAN MELALUI OBSERVASI, WAWANCARA DAN DOKUMENTASI. PENGOLAHAN DATA DILAKUKAN DENGAN TEKNIK PERSENTASE, DAN UJI T (PAIRED SAMPLE T-TEST). DATA HASIL REKAPITULASI PENGAMATAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK SEBELUM DI BERIKAN PERLAKUAN BERUPA METODE BERCERITA , DALAM TIGA ASPEK YANG TELAH DI AMATI ,TERDAPAT 0% PADA KATEGORI BSB, 12.70% PADA KATEGORI BSH, 52.38% PADA KATEGORI MB, DAN 34.92% PADA KATEGORI BB.SETELAH DIBERIKAN PERLAKUAN BERUPA METODE BERCERITA ,DARI HASIL REKAPITULASI PENGAMATAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PADA TIGA ASPEK YANG TELAH DIAMATI, DIPEROLEH RATA-RATA 55.55% PADA KATEGORI BSB,22.22% PADA KATEGORI BSH, 22.23% PADA KATEGORI MB, DAN 0% PADA KATEGORI BB. BERDASARKAN HASIL DATA PERHITUNGAN UJI T DIPEROLEH NILAI Thitung > Ttabel(20.088 > 1.724), DAN HASIL YANG SIGNIFIKAN 0.000 < 0.05. MAKA DAPAT DI SIMPULKAN BAHWA Ho DI TOLAK DAN HI DITERIMA , YANG BERARTI TERDAPAT PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI KELOMPOK B2 TK ADHYAKSA XXII PALU |