JudulPENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B2 TK ADHYAKSA XXII PALU |
Nama: NI NYOMAN ERNI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Ni Nyoman Erni. (2020). “Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak di Kelompok B2 TK Adhyaksa XXII Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru PAUD, Jurusan ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muraeni Mursanib Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah keterampilan motorik halus anak belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode demonstrasi terhadap keterampilan motorik halus anak. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis eksperimen. subjek dan setting penelitian adalah anak kelompok B2 yang berjumlah 15 anak di TK Adhyaksa XXII Palu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui obsevasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kegiatan mozaik terhadap kemampuan motorik halus anak di kelompok B2 TK Adhyaksa XXII Palu. Dari analisis inferensial t hitung 7.124 > t tabel 1.76131, maka sebagaimana pengambilan keputusan di atas dapat dijelaskan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima berarti terdapat pengaruh kegiatan mozaik terhadap kemampuan motorik halus anak. Sedangkan, dari analisis deskriptif nilai rata-rata kemampuan motorik halus anak sebelum diberikan perlakuan terdapat 2,25?lam kategori BSB, ada 13,3?lam kategori BSH, ada 53,3?lam kategori MB, dan ada 31,15?lam kategori BB. Sedangkan, sesudah diberikan perlakuan terdapat 33,3% kategori BSB, 48,9% kategori BSH, 6,7% kategori MB dan 11,1 dalam ketegori BB. Oleh karena itu, metode demonstrasi berpengaruh terhadap keterampilan motorik halus anak. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Keterampilan Motorik Halus |