Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Di Kelompok B2 TK Tunas Rimba Kecamatan Mantikulore Kota Palu
Nama: NAFILA AL-JUFRI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK (Bhs. Indonesia) Nafila Al-Jufri. (2020). Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Kelompok B2 TK Tunas Rimba Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Tadulako. Pembimbing Andi Agusniatih. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak belum berkembang sesuai harapan. Tujuan adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan kolase terhadap kemampuan motorik halus anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Adapun subjek penelitian ini adalah anak di Kelompok B2 TK Tunas Rimba Kecamatan Mantikulore Kota Palu yang berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase dan uji t (Paired Sample t-test). Data hasil rekapitulasi pengamatan kemampuan motorik halus sebelum diberikan perlakuan berupa kegiatan kolase, dalam tiga aspek yang telah diamati, terdapat 0% pada kategori BSB, 12.70% pada kategori BSH, 52.38% pada kategori MB, dan 34.92% pada kategori BB. Setelah diberikan perlakuan berupa kegiatan kolase, dari hasil rekapitulasi pengamatan kemampuan motorik halus anak, pada tiga aspek yang telah diamati, diperoleh rata-rata 55.55% pada kategori BSB, 22.22% pada kategori BSH, 22.23% pada kategori MB, dan 0% pada kategori BB. Berdasarkan hasil data perhitungan uji t diperoleh nilai ? (22. 136 ? 1.724), dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 Maka dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima, yang berarti terdapat pengaruh kegiatan kolase terhadap kemampuan motorik halus anak di Kelompok B2 TK Tunas Rimba Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Kata Kunci : Anak Usia Dini ; Kegiatan Kolase ; Kemampuan Motorik Halus ; Pendekatan Kuantitatif ; Penelitian Eksperimen Abstrak (Bhs. INGGRIS) Nafila Al-Jufri. (2020). The Influence of Collage Activities on Children's Fine Motor Skills at Group B2 of TK Tunas Rimba, Mantikulore District, Palu. Skripsi. Early Childhood Teacher Education Study Program. Education Science Departement, Teacher Training and Education Vaculty Tadulako University. Under supervision of Andi Agusniatih. The problem of this research was the children's low skill in fine motor. The purpose is to find out influence of collage activities on the children's fine motor skills. The research used quantitative approach with the experimental method. The research subjects were 21 children in Group B2 TK Tunas Rimba, Mantikulore District, Palu. The data were collected Data collection through observation, interviews, and documentation. The Data were tabulated processing by using percentage technique and t test (Paired Sample t-test). The result before the children were given the treatment show that 0% in the BSB category, 12.70% in the BSH category, 52.38% in the MB category, and 34.92% in the BB category. After the treatment was given, it is found that the average score of the children 55.55% was obtained in the BSB category, 22.22% in the BSH category, 22.23% in the MB category, and 0% in the category. BB. the results of the t-test show that , the tcounted? ttable (22. 136 ? 1,724), and the significant value is 0.000 <0.05, therefore, it can be concludedcan be concluded that Ho is rejected and H1 is accepted, which means that collage activities give significant influence to the children's fine motor skills in Group B2 of TK Tunas Rimba, Mantikulore District. Palu. Keywords: children; Collage Activities; Fine Motor Skills; Quantitative Approach; Experimental Research

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up