JudulPENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK LESTARI SIKARA KECAMATAN SINDUE TOBATA KABUPATEN DONGGALA |
Nama: INDAH LESTARI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Indah Lestari (2021) “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Kelompok B TK Lestari Sikara Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Besse Nirmala. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan terhadap perilaku sosial anak belum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode bermain peran terhadap perilaku sosial anak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan keadaan sesungguhnya, kemudian ditarik kesimpulan. Adapun sampel dalam penelitian adalah 10 anak, terdiri dari 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji-t dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung -8,232 > t tabel 1.83311 dengan signifikan 0.000, karena 0.000 < 0.05, maka dapat dijelaskan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan, dari hasil analisis deskriptif nilai rata-rata terhadap perilaku sosial anak, terdapat 23,33?lam kategori BSB, ada 43,33?lam kategori BSH, ada 23,34?lam kategori MB, da nada 10?lam kategori BB. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dengan metode bermain peran berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial anak. Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Perilaku Sosial |