JudulPENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA MELALUI KEGIATAN BERNYANYI DI KELOMPOK B TK AL-KHAIRAAT TAIPA KELURAHAN TAIPA KECAMATAN PALU UTARA KOTA PALU |
Nama: HUSNI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Husni. (2020). Penanaman Nilai-nilai Agama Melalui Kegiatan Bernyanyi Di Kelompok B1 TK AL-Khairaat Taipa Kelurahan Taipa Kecamatan Palu Utara. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Nurhayati. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Penanaman Nilai-Nilai Agama anak yang belum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kegiatan Bernyanyi terhadap Nilai-Nilai Agama anak di kelompok B1 TK Al-Khairaat Taipa Kecamatan Palu Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksprimen. Subyek penelitian berjumlah 14 anak. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan dokumentasi. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tehnik presentase dan uji-t. Hasil penelitian analisis deskriptif, sebelum diberikan perlakuan nilai rata-rata anak, tidak ada anak dalam kategori BSB, ada anak 16,67?lam kategori BSH, ada 30,95?lam kategori MB dan ada 52,38?lam kategori BB dan selanjutnya, sesudah diberikan perlakuan nilai rata-rata anak, terdapat 30,95?lam kategori BSB, ada 49,99?lam kategori BSH, ada 16,67?lam kategori MB, dan ada 2,39?lam kategori BB. Sedangkan, hasil penelitian dari uji-t menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar -12.762 dengan signifikan 0,000, karena sig<0,05, maka dapat dijelaskan bahwa H0 ditolak H1 diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan bernyanyi berpengaruh signifikan terhadap Nilai-nilai agama anak. Kata Kunci : Nilai-Nilai Agama, Kegiatan Bernyanyi. |