Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B TK Al-KHAIRAAT SIBALAYA UTARA KECAMATAN TANAMBULAVA KABUPATEN SIGI
Nama: FERADITA
Tahun: 2022
Abstrak
Feradita. (2020). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Kelompok B TK AL-Khairaat Sibalaya Kecamatan Tanambulava Kebupaten Sigi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Andi Agusniatih. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Motorik Halus anak yang belum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demontrasi terhadap perkembangan motorik halus anak di kelompok B TK Al-Khairaat Sibalaya Utara Kecamatan Tanambulava Kabupaten Sigi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksprimen. Subyek penelitian berjumlah 20 anak. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan dokumentasi. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tehnik presentase dan uji-t. Hasil penelitian analisis deskriptif, sebelum diberikan perlakuan nilai rata-rata anak, terdapat tidak ada anak dalam kategori BSB, ada 6,67?lam kategori BSH, ada 40?lam kategori MB dan ada 53,33?lam kategori BB. Selanjutnya nilai rata-rata anak sesudah diberikan perlakuan terdapat terdapat 35?lam kategori BSB, ada 46,67?lam kategori BSH, ada 13,33?lam kategori MB, dan ada 5?lam kategori BB. Sedangkan, hasil penelitian dari uji-t menunjukkan bahwa nilai t hitung ? t tabel (12.401 ? 1.729) dengan signifikan 0,000, karena sig<0,05, maka dapat dijelaskan bahwa H0 ditolak H1 diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi berpengaruh signifikan terhadap motorik halus anak. Kata Kunci : Motorik Halus, Metode Demontrasi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up