Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI KELOMPOK B TK GRAHA KRIDA PKS UNGKAYA KECAMATAN WITA PONDA KABUPATEN MOROWALI
Nama: FATIMAH RAMADHAN
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Fatimah Ramadhan. (2021). Hubungan Manajemen Kelas Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Kelompok B TK Graha Krida PKS Ungkaya Kec. Wita Ponda Kab. Morowali. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Andi Agusniati. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Masalah yang ditemukan ialah tenaga pengajar di TK Graha Krida lulusan S1 PG – PAUD, D2 PGSD Dan SMA. Selain itu kurangnya penggunaan pendekatan manajemen kelas sehingga suasana kelas kurang kondusif serta jumlah anak yang melebihi kapasitas yang seharusnya. Sehubungan dengan masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui Hubungan Manajemen Kelas Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian adalah deskiptif. Subyek penelitian berjumlah 16 anak. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, hasil wawancara dan dokumentasi. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tehnik presentase. Hasil penelitian analisis deskriptif, terdapat hubungan manajemen kelas terhadap perkembangan sosial emosional anak, dilihat dari nilai rata-rata BSH anak pada 4 pendekatan manajemen kelas yang diterapakan di TK Graha Krida PKS Ungkaya yaitu : Rekapitulasi perkembangan Sosial Emosional Anak Dengan Pendekatan Ancaman berkembang sangat baik 20,83%, 39,59% katagori berkembang sesuai harapan, 39.58% katagori mulai berkembang. Rekapitulasi perkembangan Sosial Emosional Anak Dengan Pendekatan Kekuasaan berkembang sangat baik 20,83%, 43,75% katagori berkembang sesuai harapan, 35.42% katagori mulai berkembang. Rekapitulasi perkembangan Sosial Emosional Anak Dengan Pendekatan Suasana Emosi dan Hubungan Sosial berkembang sangat baik 20,83%, 68,83% katagori berkembang sesuai harapan, 8.33% katagori mulai berkembang. Rekapitulasi perkembangan Sosial Emosional Anak Dengan Pendekatan Pengajaran berkembang sangat baik 20,83%, 39,59% katagori berkembang sesuai harapan, 39.58% katagori mulai berkembang. kemudian dapat dilihat bahawa pendekatan yang memiliki presentasi BSH paling tinggi adalah Pendekatan Suasana Emosi dan Hubungan Sosial, serta yang paling rendah adalah Pendekatan Ancaman. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan manajemen kelas terhadap perkembangan sosial emosional anak. Kata Kunci : Manajemen Kelas, Perkembangan Sosial Emosional Anak.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up