JudulPENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B2 TK NEGERI MODEL TERPADU MADANI KOTA PALU |
Nama: ERLIS ROSDIAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Erlis Rosdian. (2022). “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Kelompok B2 TK Negeri Model Terpadu Madani Kota Palu”. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Andi Agusniatih. Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu anak kurang antusias dalam belajar sehingga anak kurang berkembang dalam perilaku sosialnya, hal tersebut disebabkan oleh guru lebih menekankan metode pembelajaran konvesional, sehingga anak tersebut cepat bosan mengikuti pelajaran didalam kelas. Sebagi alternatif dalam proses pembelajaran agar anak tidak cepat bosan dan guru juga tidak hanya menonton menggunakan proses pembelajaran sudah dilakukan, tidak mempunyai variasi sehingga menimbulkan rasa kebosanan pada anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu anak di kelompok B2 Tk Negeri Model Terpadu Madani Kota Palu yang berjumlah 9 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian sebelum menggunakan metode bermain peran, rekaptulasinya rata-rata, (11,1%) dalam kategori Berkembang Sangat Baik, (25,9%), dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, (48,1%) dalam kategori Mulai Berkembang, dan (14,8%) dalam kategori Belum Berkembang. Sesudah menggunakan metode bermain peran, rekaptulasinya rata-rata (51,8%) dalam kategori Berkembang Sangat Baik, (22,2%) dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, (14,8%) dalam kategori Mulai Berkembang, dan (11,1%) dalam kategori Belum Berkembang. Berdasarkan hasil hitungan nilai yang diperoleh nilai t_hitung ? t_tabel (5,363 > 1,859), maka H1 (ada pengaruh metode bermain peran terhadap perilaku sosial anak di Kelompok B2 TK Negeri Model Terpadu Madani Kota Palu) diterima. Diketahui nilai signifikan 0,00 < 0,05 sesuai dengan dasar kemampuan keputusan dalam paired samples test, Hal ini menandakan bahwa metode bermain peran mempunyai pengaruh signifikan terhadap perilaku sosial anak di Kelompok B2 TK Negeri Model Terpadu Madani Kota Palu. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode bermain peran dapat mengembangkan perilaku sosial anak di Kelompok B2 TK Negeri Model Terpadu Madani Kota Palu. Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Perilaku Sosial Anak. ? |