JudulPENGARUH MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF DI KELOMPOK B1 TK NEGERI MODEL TERPADU MADANI KOTA PALU |
Nama: CIKITA MEIDI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Cikita Meidi (2022). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Huruf di Kelompok B1 TK Negeri Model Terpadu Madani Kota Palu, Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Andi Agusniatih. Masalah dalam penelitian ini pengaruh anak mengenal huruf belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut sudah dilakukan penelitian yang bertujuan untul mengetahui pengaruh kemampuan anak mengenal huruf. Metode penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan jenisnya deskriptif. Subyeknya seluruh anak dikelompok B1 Tk Negeri Model Terpadu Madani berjumlah 9 anak, terdiri dari 6 laki-laki dan 3 perempuan, terdaftar pada tahun ajaran 2020-2021. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan pemberian tugas, selanjutnya analisis dengan teknik persentase. Hasil Selanjutnya pengamtan setelah perlakuan, Aspek Menyebutkan Huruf 4 anak (45%) pada kategori BSB, 3 anak pada kategori BSH, 1 anak (10%) pada kategori MB, dan 1 anak (10%) pada kategori BB. Aspek Menyusun Huruf 3 anak (35%) pada kategori BSB, 3 anak (35%) dalam kategori BSH, 2 anak (20%) pada kategori MB, dan 1 anak (10%) pada kategori BB. Aspek Menebalkan Huruf 3 anak (35%) pada kategori BSB, 3 anak (35%) dalam kategori BSH, 2 anak (20%) pada kategori MB, dan 1 anak (10%) pada kategori BB. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media kartu huruf terhadap kemampuan anak mengenal huruf dikelompok B1 TK Negeri Model Terpadu Madani. Bukti pengamatan hasil rekapitulasi perbandingan mengenal huruf anak sebelum dan setelah perlakuan BSB 10% menjadi 35%, BSH 20% menjadi 35%, MB 35% menjadi 20%, dan BB 35% menjadi 10%. Kata Kunci: Media Kartu Huruf, Mengenal Huruf. |