JudulPENGARUH KEGIATAN MONTASE TERHADAP KREATIVITAS ANAK DI KELOMPOK B3 TK TUNAS RIMBA KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU |
Nama: ANDI NURUL QALBI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Andi Nurul Qalbi (2020) Pengaruh kegiatan montase terhadap kreativitas anak di kelompok B3 TK Tunas Rimba Kecamatan Mantikulore kota palu Skripsi , Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbinh (1) I Putu Suwika. Masalah dalam penelitian ini adalah kreativitas anak belum berkembang sesuai harapan. Berkaitan dengan masalah tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan montase. Motode penelitian ini adalah kualitatif, jenis deskriptif, subjeknya seluruh anak di kelompok B3 TK Tunas Rimba Kecamatan Mantikulore Kota Palu, yang berjumlah 15 anak , terdiri 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara, observasi , wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan teknik prentanse. Hasil penelitian sebelum diberikan perlakuan pada aspek bereksplorasi dengan berbagai potongan gambar, kombinasi warna gambar, dan menceritakan hasil gambar 8,89% kategori Berkembang sangat baik, 15,56?rkembang Sesuai Harapan (BSH) 40,00% katrgori Mulai Berkembang (MB) dan 35.35% anak kategori Belum Berkembang (BB). Kemudian setelah diberikan perlakuan mengalami perkembangan signifikan pada aspek bereksploraso dengan berbagai potongam gambar, kombinasi warna dan menceritakan hasil gambar yaitu terdapat 31,12% anak kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) ,51,05% anak kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH),17,78% anak kategori Mulai Berkembang (MB) , 0% anak kategori Belum Berkembang (BB) . Berdasarkan output SPSS , dapat diketahui bahwa nilai t = 9,122 dan sig =0,000 . Kemudia Sig = 0,000 < 0,05 , maka Ha diterima. Jadi, dapat di simpulkan bahwa pada taraf signitifikasi 0,05 ada perbedaan yang signifikasi antara kreativitas anak sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan dengan penggunaan kegiatan montase. Sedangkan sesudah perlakuan sebesar 9,80. Jadi dapat diketahui bahwa kreativitas anak meningkat, disimpulkan bahwa ada perbedaan rata=rata antara hasil bermain sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan yant artinya ada pengaruh kegiatan montase terhadap kreativitas anak dikelompok B3 TK Tunas Rimba Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Kata kunci : Kegiatan montase, Kreativitas |