JudulPENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK B TK BERINGIN JAYA DAMPAL KECAMATAN SIRENJA KABUPATEN DONGGALA |
Nama: AMALIA PRATIWI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Amalia Pratiwi. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Kognitif Anak di Kelompok B TK Beringin Jaya Dampal Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Tadulako. Pembimbing Andi Agusniatih. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak yang belum berkembang sesuai harapan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap kemampuan kognitif anak.Metode penelitian yang digunaka adalah metode pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen.Adapun subjek penelitian ini adalah anak di Kelompok B TK Beringin Jaya Dampal Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala yang berjumlah 16 anak. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui obeservasi,wawancara, dan dokumentasi. Pengelolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji t (Paired Samples t-test). Data hasil rekapitulasi pengamatan kemampuan kognitif anak sebelum diberikan perlakuan berupa kegiatan penggunaan media gambar, dalam tiga aspek yang telah di amati, terdapat 8.33% pada kategori BSB, 20.84?lam kategori BSH, 27.08?lam kategori MB, dan 43.75% pada kategori BB. Setelah diberikan perlakuan berupa penggunaan media gambar, dari hasil rekapitulasi pengamatan kemampuan kognitif anak, pada tiga aspek yang telah diamati, diperoleh rata-rata 29.17% pada kategori BSB, 43.75% pada kategori BSH, 22.92% pada kategori MB, dan 4.16% pada kategori BB. Berdasarkan hasil data perhitungan uji t diperoleh nilai thitung >ttabel (10.498 >1.745), dan nilai signifikasi 0.000 < 0.05 Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh media gambar terhadap kemampuan kognitif anak di Kelompok B TK Beringin Jaya Dampal Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala. Kata Kunci :Anak Usia Dini ; Media Gambar ; Kemampuan Kognitif Anak |