JudulPENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DI TK BUNGAMPUTI PALU |
Nama: ADHE CHINTYA.S |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Adhe Chintya Sangketa. (2020).Pengaruh Alat Permainan Edukatif Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Di TK Bungamputi Palu.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. UniversitasTadulako. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah perkembangan motorik kasar anak belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan motorik kasar anak di TK Bungamputi Palu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian berjumlah 20 anak, terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan, terdaftar pada tahun 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Sebelum pemberian perlakuan hasil penelitian perkembangan motorik kasar anak, aspek kekuatan tubuh anak kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) (20%), kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) (30%), kategori Mulai Berkembang (MB) (21,67%), kategoriBelumBerkembang (BB) (28,33%). Dan sesudah Pemberian perlakuan hasil penelitian perkembangan motorik kasar anak dalam aspek kekuatan tubuh anak, keseimbangan melompat, dan kecepatan tubuh, terjadi peningkatan dengan kategori Berkembang sangat Baik (BSB) (28,33%), kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) (31,67%), kategori Mulai Berkembang (MB) (26,67%), kategori Belum Berkembang (BB) (13,33%). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh permainan edukatif terhadap kemampuan motorik kasar anak di TK Bungamputi Palu. Terbukti dari hasil pengamatan dari sebelum perlakuan sampai sesudah pemberian perlakuan, yang menunjukkan peningkatan pada kategori BSB dan BSH adanya penurunan pada kategori MB dan BB. Untuk hasil uji statistik untuk nilai rata-rata untuk sebelum perlakuan terdapat 6.39?n sesudah perlakuan mencapai 9.43%. Dan hasil Uji T disimpulkan bahwa t hitung 5,236 > t tabel 1,729, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya ada pengaruh Alat Permainan Edukatif Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Di TK Bungamputi Palu Kata kunci: Alat Permainan Edukatif, Motorik Kasar |