JudulPENGARUH MEDIA KARTU ANGKA REKAT TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK KELOMPOK B DI TK ALKHAIRAAT TOMPIRA KECAMATAN PETASIA TIMUR |
Nama: HAJRAH ABU |
Tahun: 2024 |
Abstrak Hajrah Abu (2022), “Pengaruh Media Kartu Angka Rekat Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Kelompok B di TK Alkhairaat Tompira Kecamatan Petasia Timur”. Program studi pendidikan guru pendidikan anak usia dini, jurusan ilmu pendidikan, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas tadulako. Pembimbing I: Andi Agusniatih. Pembimbing II: Amrullah. Permasalahan pokok dalam penelitian ini yaitu kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini untuk untuk mengetahui pengaruh media kartu angka rekat terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B di TK Alkhairaat Tompira Kecamatan Petasia Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 24 anak didik di kelompok B TK Alkhairaat Tompira yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukan dari 24 anak yang menjadi subjek penelitian pada kemampuan menyebutkan angka, kemampuan menyususn angka, dan kemampuan memasang atau merekatkan angka dengan gambar. Sebelum perlakuan, dari keseluruhan aspek yang diamati terdapat 17% subjek dalam kategori Berkembang Sangat Baik, 29% subjek dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, 33% subjek dalam kategori Mulai Berkembang, dan 21% subjek dalam kategori Belum Berkembang. Kemudian sesudah perlakuan, terdapat 46% subjek dalam kategori Berkembang Sangat Baik, 33% subjek dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, 21% subjek dalam kategori Mulai Berkembang, dan 0 untuk kategori Belum Berkembang. Dengan demikian, ada pengaruh media kartu angka rekat terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak. Kata kunci: Kartu Angka Rekat, Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan |