Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PERMAINAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI KELOMPOK B1 TK TUNAS RIMBAKECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU
Nama: NI MADE SUWIDI ARIANI
Tahun: 2021
Abstrak
Ni Made Suwidi Ariani. (2020) Pengaruh Permainan Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak di Kelompok B1 TK Tunas Rimba Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Tadulako. Pembimbing Besse Nirmala. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan berbahasa anak belum berkembang sesuai harapan. Tujuan adalah untuk mengatahui pengaruh permainan kartu bergambar terhadap kemampuan berbahasa anak. Desain penelitian yang digunakan adalah “One Groups Pre-test post-test Design” dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah anak di kelompok B1 TK Tunas Rimba Palu, berjumlah 17 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik persentase dan uji t (paired sample t-test). Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan berbahasa anak dari rekapitulasi sebelum diberikan perlakuan berupa kegiatan permainan kartu bergambar, dalam tiga aspek yang diamati, diperoleh data rata-rata persentase kategori BSB 5,88%, kategori BSH 23,53%, kategori MB 33,33%, kategori BB 37,26%. Setelah diberikan perlakuan berupa kegiatan permainan kartu bergambar, dari hasil rekapitulasi pengamatan kemampuan berbahasa anak dalam tiga aspek yang telah di amati, diperoleh rata-rata persentase untuk kategori BSB 43,14%, kategori BSH 47,06%, kategori MB 9,80?n tidak di perolah rata-rata pada kategori BB. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan kartu bergambar dapat mempengaruhi kemampuan berbahasa anak di kelompok B1 TK Tunas Rimba Kecamatan Mantikulore Palu. Berdasarkan hasil data perhitungan uji t di peroleh nilai t hitung ? t tabel (9,569 ? 1,745), dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka dapat di simpulkan bahwa Ho ditolak dan H? diterima, yang berarti terdapat pengaruh permainan kartu bergambar terhadap kemampuan berbahasa anak di Kelompok B1 TK Tunas Rimba Kecamatan Mantikulore Palu. Kata Kunci: Permainan kartu bergambar ; Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini, Penelitian Eksperimen

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up