JudulPENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI KELOMPOK B 2 TK AL-KHAIRAT PENGAWU KECAMATAN TATANGA KOTA PALU |
Nama: MEISKE LANYIUNGA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Meiske Lantiunga(2019) Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Anak di Kelompok B2 TK Al-Khairaat Pengawu Kecamatan Tataga Kota Palu. Pembimbing I Putu Suwika. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan dan motivasi belajar anak di kelompok B2 Tk Al-Khairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini, yaitu 15 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan, terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji menguji hipotesis penelitian ini digunakan teknik paired sample t-test a=0,05. Berdasarkan hasil rekapitulasi motivasi belajar anak sebelum dilakukan perlakuan berupa pemberian penguatan, terdapat 5?lam kategori Sangat Tinggi (ST), 20% kategori Tinggi (T), 35% kategori Sedang (S) dan 40?rada dalam kategori Rendah (R). Sesudah dilakukan perlakuan berupa pemberian penguatan, kategori Sangat Tinggi (ST) terdapat 42%, kategori Tinggi (T) 42%, kategori Sedang (S) ada 16?n 0?lam kategori Rendah (R). Berdasarkan hasil perhitungan dan paired samplet test diperoleh (0.000 < 0.05), maka Ho ditolak, maka H1 diterima (maka ada pengaruh pemberian penguatan yang signifikan terhadap motivasi belajar anak). Dapat disimpulkan bahwa pemberian penguatan berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar anak di kelompok B2 Tk Al-Khairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu. Kata Kunci : Pemberian Penguatan, Motivasi Belajar |