JudulPENGARUH KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B TK ZAHRA KALUKUBULA |
Nama: TIRZA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Tirza, 2022. Pengaruh Kegiatan Mewarnai Gambar dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak di Kelompok B TK Zahra Kalukubula. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru PAUD Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Fitriana (1), pembimbing (2) Amrullah. Masalah dalam penelitian adalah ini kemampuan motorik halus anak yang belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan mewarnai gambar dalam meningkatkan motorik halus anak di kelompok B TK Zahra Kalukubula, metode penelitianya kuantitatif dan jenisnya eksperimen. Adapun subjek penelitian terdiri dari 16 orang anak 9 anak perempuan 7 anak laki-laki, terdaftar tahun ajaran 2021/2022. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan pengelolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus presentase. Berdasarkan hasil rekapitulasi data peningkatan motorik halus anak sebelum diberikan perlakuan, terdapat 16,66 % kategori Berekembang Sesuai Harapan, kategori Mulai Berkembang 37,5 %, dan kategori Belum Berkembang 45,83%. Sesudah diberikan perlakuan terdapat 22,92% kategori Berkembang Sangat Baik, 50% Kategori Berkembang Sesuai Harapan, 18,75% Kategori Mulai Berkembang, dan 8,33% kategori Belum Berkembang. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulakan ada Pengaruh Kegiatan Mewarnai Gambar Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak di Kelompok B TK Zahra Kalukubula. Kata Kunci : Kegiatan Mewarnai Gambar, Kemampuan motorik halus anak |