JudulPENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK TERATAI PUTIH KELURAHAN KAMPAL KECAMATAN PARIGI TENGAH KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: ASMARITA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Asmarita. (2021) Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Kelompok B TK Teratai Putih Kelurahan Kampal Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Andi Agusniatih. Masalah utama penelitian ini adalah perilaku sosial anak yang belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut, telah dilakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap perilaku sosial anak di Kelompok B TK Teratai Putih Kabupaten Parigi Moutong. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Subyek penelitian berjumlah 15 anak. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik persentase dan uji-t. nilai rata-rata perilaku sosial anak, terdapat 33,33?lam kategori BSB, ada 51,11?lam kategori BSH, ada 15,55?lam kategori MB da nada 0?lam kategori BB. hasil penelitian dari uji-t menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar - 10,425 dengan signifikan 0,000, karena sig < 0,05, maka dapat dijelaskan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode bercerita berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial anak. Kata Kunci: Metode Bercerita, Perilaku Sosial Anak |