JudulPERANAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL ANAK DI KELOMPOK B1 TK AL-KHAIRAAT PENGAWU KECAMATAN TATANGA KOTA PALU |
Nama: ISRA MEDOPA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Isra Medopa, (2019) . “Peranan Metode Demonstrasi Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Moral Anak di Kelompok B1 TK Al-Khairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu”. Pembimbing Dr. Nurhayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peranan metode demonstrasi dan nilai moral anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai moral anak yang belum berkembang sesuai harapan. Metode dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini yaitu 15 anak yang terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan, yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil rekapitulasi nilai moral anak minggu I terdapat 4,44?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 11,11?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 60?lam kategori Mulai Berkembang (MB) dan 24,44?rada dalam kategori Belum Berkembang (BB). Dan setelah minggu ke IV terdapat 28,89?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), terdapat 44,44% kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 26,67%, kategori Mulai Berkembang (MB) dan tidak terdapat (tidak ada) atau 0?lam kategori Belum Berkembang (BB). Demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi dapat berperan sangat penting terhadap penanaman nilai moral anak. Kata Kunci : Nilai Moral, Metode Demonstrasi |