Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MEDIA PUZZLE ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN ANAK MENGENAL KONSEP BILANGAN DI KELOMPOK B TK TERATAI PUTIH KELURAHAN KAMPAL KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Nama: NUR HIKMA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Nur Hikma (2020). Pengaruh Media Puzzle Angka Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Konsep Bilangan Di Kelompok B TK Teratai Putih Kelurahan Kampal Kabupaten Parigi Moutong. Skripsi. Program Studi pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pemdidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Haerul Annuar. Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan kemampuan anak mengenal konsep bilangan belum berkembang sesuai harapan. Tujuan ini untuk mengetahui pengaruh media puzzle angka terhadap kemampuan anak terhadap kemampuan anak mengenal konsep bilangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen. Adapun subjek penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Teratai Putih Kelurahan Kampal Kabupaten Parigi Moutong yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji t (paried sampel t-test). Data hasil rekapitulasi pengamatan terhadap kemampuan anak mengenal konsep bilangan sebelum diberikan perlakuan berupa media puzzle angka, dalam tiga aspek yang telah diamati,terdapat nilai rata-rata 6,7% pada kategori BSB, kategori BSH sebanyak 28,8%, kategori MB 42,2%, dan kategori BB 22,2%. Setelah diberikan perlakuan berupa media puzzle angka, dari hasil rakapitulasi pengamatan terhadap kemampuan anak mengenal konsep bilangan sesudah diberikan perlakuan berupa media puzzle angka, dalam tiga aspek yang diamati rekapitulasinya diperoleh rata-rata pada kategori BSB 27%, kategori BSH 51%, kategori MB 22%, dan tidak terdapat nilai rata-rata dalam kategori BB. Berdasarkan hasil data perhitungan uji t diperoleh nilai thitung ? ttabel (5.557 ? 1.761) dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh Media Puzzle Angka Tehadap Kemampuan Anak Mengenal Konsep Bilangan Di Kelompok B TK Teratai Putih Kelurahan kampal Kabupaten Parigi Moutong. Kata Kunci : Media puzzle, konsep bilangan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up