JudulPENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN ANAK BERKOMUNIKASI DI KELOMPOK B PAUD MELATI DESA PETAPA KECAMATAN PARIGI TENGAH KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: AISNA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Aisna, (2019) “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Anak Berkomunikasi Di Kelompok B PAUD Melati Desa Petapa Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Hj. Shofiyanti Nur Zuama. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan anak berkomunikasi belum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode bermain peran terhadap kemampua anak berkomunikasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk menggambarkan keadaan yang sesungguhnya, kemudian ditarik kesimpulan. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan tahun ajaran 2018/2019.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan Teknik presentase dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari uji-t dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung sebesar 5,671 dengan signifikan 0,000. Karena Sig < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan, dari analisis deskriptif, nilai rata-rata kemampuan anak berkomunikasi, terdapat 22?lam kategori BSB, ada 47?lam kategori BSH, ada 17?lam kategori MB, dan ada 14?lam kategori BB. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain peran memberi pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan anak berkomunikasi. Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Kemampuan Berkomunikasi |