Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B2 TK ALKHAIRAAT PENGAWU KECAMATAN TATANGA KOTA PALU
Nama: FADINNAH SYARIF
Tahun: 2020
Abstrak
Fadinnah syarif. (2019), Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Kelompok B2 Tk Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu. Skipsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Shofiyanti Nur Zuama. Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku sosial anak belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut, telah dilakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap perilaku sosial anak yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase dan uji t (paired sample t-tes). Berdasarkan hasil data perhitungan uji t diperoleh nilai thitung ? ttabel (9.056 > 1.76131). Dapat dijelaskan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat pengaruh metode bercerita terhadap perilaku sosial anak di Kelompok B2 Tk Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu. Berdasarkan hasil rekapitulasi perilaku sosial anak sebelum diberikan perlakuan metode bercerita, terdapat 13,33?lam kategori BSB dan BSH, ada 66,67?lam kategori MB, dan ada 20?lam kategori BB. Sesudah melakukan perlakuan metode bercerita terdapat 31,11?lam kategori BSB, ada 44,45?lam kategori BSH, ada 24,44?lam kategori MB, dan tidak ada anak dalam kategori BB. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bercerita berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku sosial anak di Kelompok B2 TK Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu. Kata Kunci: Metode Bercerita, Perilaku Sosial Anak

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up