Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK SINGGANI LERO TATARI KECAMATAN SINDUE
Nama: SAKRIA
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Sakria (2020) “ Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Interaksi Sosial Anak di Kelompok B TK Singgani Lero Tatari Kecamatan Sindue”. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Andi Agusniatih. Permasalahan utama dalam penelitian ini interaksi sosial anak belum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode kerja kelompok terhadap interaksi sosial anak yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan tehnik persentase dan uji t (paired sample t-tes). Berdasarkan hasil data perhitungan uji t diperoleh nilai thitung ? ttabel (8.889 > 1.761). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh metode kerja kelompok terhadap interaksi sosial anak di Kelompok B TK Singgani Lero Tatari Kecamatan Sindue. Berdasarkan hasil rekapitulasi interaksi sosial anak sebelum diberikan perlakuan metode kerja kelompok, terdapat 0?lam kategori BSB (Berkembang Sangat Baik), 11?lam kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan), ada 60?lam kategori MB (Mulai Berkembang), dan ada 29?lam kategori BB (Belum Berkembang). Sesudah melakukan perlakuan metode bercerita terdapat 31%?lam kategori BSB (Berkembang Sangat Baik), ada 49?lam kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan), ada 20?lam kategori MB (Mulai Berkembang), dan tidak ada anak dalam kategori BB (Belum Berkembang). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode kerja kelompok terhadap interaksi sosial anak. Kata Kunci : Metode Kerja Kelompok,Interaksi Sosial Anak

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up