JudulPENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TK ALKHAIRAAT MAKU KECAMATAN DOLO KABUPATEN SIGI |
Nama: ENDAH KUSUMAWATI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Endah Kusumawati, (2019). “Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Kognitif Anak di TK Alkhairaat Maku Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi”. Pembimbing Besse Nirmala. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut telah dilakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan kognitif anak di TK Alkhairaat Maku Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian eksprimen. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini yaitu 24 orang anak yang terdiri dari 14 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan, yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji hipotesis penelitian ini digunakan teknik paired sample t-test a=0,05. Berdasarkan hasil rekapitulasi kemampuan kognitif anak sebelum diberikan perlakuan berupa permainan puzzle, terdapat 3?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 18?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 47?lam kategori Mulai Berkembang (MB), 32?lam kategori Belum Berkembang (BB). Sesudah diberikan perlakuan permainan puzzle, 21?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 56?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 23?lam kategori Mulai Berkembang (MB), dan tidak terdapat (tidak ada) atau 0?lam kategori Belum Berkembang (BB). Berdasarkan hasil perhitungan paired sample t-test diperoleh (0.000 < 0.05), maka HO ditolak, H1 diterima rata-rata sebelum perlakuan 5.7500 dan sesudah perlakuan 8.9167. Demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara permainan puzzle terhadap kemampuan kognitif anak di TK Alkhairaat Maku Kecamatan Dolo Kabupaten sigi. Kata Kunci : Permainan Puzzle, Kemampuan Kognitif, Anak Usia Dini |