Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP PENGEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK NAJADI TOPANDE KELURAHAN KAMONJI KECAMATAN PALU BARAT
Nama: NURUL HIKMAH
Tahun: 2020
Abstrak
Nurul hikmah, (2020) “Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Pengembangan Perilaku Sosial Anak Di Kelompok B TK Najadi Topande Kelurahan Kamonji Kecamatan Palu Barat”. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Dr. Andi Agusniatih Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah pengembangan perilaku sosial anak belum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode kerja kelompok terhadap pengembangan perilaku sosial anak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan keadaan sesungguhnya, kemudian ditarik kesimpulan. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan terdaftar tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase dan uji-t. hasil penelitian menunjukkan, jika dilihat dari uji-t dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung sebesar -31.553 dengan signifikan 0,000 karena sig <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat pengaruh metode kerja kelompok terhadap pengembangan perilaku sosial anak di kelompok B TK Najadi Topande Kelurahan Kamonji Kecamatan Palu Barat. Sedangkan dari hasil analisis deskriptif nilai rata-rata pengembangan perilaku sosial anak yaitu terdapat 47?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 38?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 15?lam kategori Mulai Berkembang (MB), dan 0?lam kategori Belum Berkembang (BB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui metode kerja kelompok memberi pengaruh yang signifikan terhadap perilaku sosial anak

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up