Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenanaman Nilai-nilai Moral Agama Melalui Metode Bercerita Di Kelompok B TK Al-Khairaat Taipa Kelurahan Taipa Kecamatan Palu Utara Kota Palu
Nama: IKA RAHMAWATI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Ika Rahmawati. (2020). Penanaman Nilai-nilai Moral Agama Melalui Metode Bercerita Di Kelompok B TK Al-Khairaat Taipa Kelurahan Taipa Kecamatan Patu Utara Kota Palu. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Nurhayati. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu penanaman nilai moral agama anak yang belum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap nilai-nilai moral agama di kelompok B TK AI-Khairaat Taipa Kecamatan Palu Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen. Subyek penelitian berjumlah 14 anak. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik persentase dan uji-t. Hasil penelitian analisis deskriptif, nilai rata rata moral agama anak, terdapat 35,71?lam kategori BSB, ada 46,43?lam kategori BSH, ada 12,50?lam kategori MB, dan ada 5,36?lam kategori BB. Sedangkan, hasil penelitian dari uji-t menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar -14,877 dengan signifikan 0,000, karena sig <0,05, maka dapat dijelaskan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa melalui metode bercerita berpengaruh signifikan terhadap moral agama anak. Kata Kunci: Nilai Moral Agama, Metode Bercerita

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up