Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERANAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL BERBASIS FILM KARTUN/ANIMASI PADA MASA PANDEMI COVID 19 USIA 5-6 TAHUN TK CENDEKIA TADULAKO PERDOS
Nama: PATIPURNAMA
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Permasalahan ini penanaman nilai-nilai agama dan moral anak belum berkembang dengan baik. Sehubungan dengan masalah tersebut yang bertujuan untuk mengetahui peranan metode bermain peran terhadap penananman nilai-nilai agama dan moral anak berbasis film kartun/animasi pada masa pandemi covid-19 usia 5-6 tahun. Pendekatan dalam penelitian ini kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif. Subyek berjumlah 24 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pekan pertama hasil rekapitulasi rata-rata pada aspek perilaku baik, membaca do’a dan Kejujuran, Kategori berkembang sangat baik (BSB) 2,8% anak, kategori berkembang sesuai harapan (BSH) 7% anak, kategori mulai berkembang (MB) 19% anak, dan kategori belum berkembang (BB) 70,8% anak. Selanjutnya, setelah pekan keempat dengan menggunakan metode bermain peran dan medianya yaitu film kartum/animasi hasil rekapitulasi pada aspek perilaku baik, membaca do’a, dan kejujuran diperoleh rata-rata kategori berkembang sangat baik (BSB) 19,4% anak, kategori berkembang sesuai harapan (BSH) 65,3% anak, kategori mulai berkembang (MB) 11,1% anak, dan kategori belum berkembang (BB) 4,2% anak. Dapat disimpulkan bahwa ada peranan metode bermain peran terhadap penanaman nilai-nilai agama dan moral anak berbasis film kartun/animasi. Kata Kunci : Bermain Peran, nilai agama dan moral, fillm kartun animasi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up