Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MINAT BELAJAR ANAK DI KELOMPOK B TK IMANUEL GKST PALU
Nama: RESI YANTI PALUNGAN
Tahun: 2019
Abstrak
Resi Yanti Palungan (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Minat Belajar Anak Di Kelompok B TK Imanuel GKST Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Dr. Andi Agustiantih, M.Si, pembimbing (II) Jane M. Monepa, S.Psi, M.Psi, Psikolog. Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah kurangnya minat belajar pada anak. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subyek penelitian ini adalah orang tua dan seluruh anak di kelompok B TK Imanuel GKST Palu yang berjumlah 15 anak, yakni 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pola asuh orang tua demokratis terdapar 9 orang, pola asuh otoriter terdapat 6 orang, dan tidak terdapat pola asuh permisif. Pola asuh demokratis dalam minat belajar anak Aspek Perhatian tidak terdapat anak dalam kategori ST, 5 anak (55,56%) T, 2 anak (22,22%) S, 2 anak (22,22%) R. Dalam Aspek Ketertarikan terdapat 2 anak (22,22%) ST, 3 anak (33,34%) T, 2 anak (22,22%) S, 2 anak (22,22%) R. Dalam Aspek Rasa Suka terdapat 2 anak (22,22%) ST, 4 anak (44,45%) T, 2 anak (22,22%) S, 1 anak (11,11%) R. Pola asuh otoriter dalam minat belajar anak Aspek Perhatian terdapat 1 anak (16,67%) ST, 3 anak (50%) T, 2 anak (33,33%) S, tidak terdapat anak dalam kategori R. Dalam Aspek Ketertarikan terdapat 3 anak (50%) ST, 2 anak (33,33%) T, 1 anak (16,67%) S, tidak terdapat anak dalam kategori R. Dalam Aspek Rasa Suka terdapat 2 anak (33,33%) ST, 2 anak (33,33%) T, 2 anak (33,33%) S, tidak terdapat anak dalam kategori R. Dapat disimpulkan bahwa minat belajar anak dengan tipe pola asuh demokratis menunjukkan hasil yang baik. Sedangkan minat belajar anak dalam tipe pola asuh otoriter menunjukkan hasil yang cukup. maka ada hubungan pola asuh orang tua dengan minat belajar anak di kelompok B TK Imanuel GKST Palu. Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Minat Belajar Anak

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up