JudulPERANAN METODE BERCERITA TERHADAP PENGEMBANGAN NILAI MORAL ANAK DI KELOMPOK B4 TK NEGERI PEMBINA PALUÂ |
Nama: Nunung |
Tahun: 2019 |
Abstrak Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah nilai moral anak yang belum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peranan metode bercerita terhadap pengembangan nilai moral anak di Kelompok B TK Negeri Pembina Palu. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek berjumlah 15 anak yang terdiri dari 7 anak laki laki dan 8 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan tehnik presentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minggu pertama hasil rekapitulasi rata rata pada aspek tolong menolong, membuang sampah pada tempatnya, dan kedisiplinan. Kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) 6,67% anak, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 15,33% anak, kategori Mulai Berkembang (MB) 24,67?n kategori Belum Berkembang (BB) 53,33% anak. Selanjutnya, setelah minggu ketiga dengan menggunakan metode bercerita hasil rekapitulasi pada aspek tolong menolong, membuang sampah pada tempatnya, dan kedisiplinan diperoleh rata rata kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) 26,67% anak, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 35,33% anak, kategori Mulai Berkembang (MB) 35,33 anak. Dapat disimpulkan bahwa ada peranan metode bercerita terhadap pengembangan nilai moral anak di Kelompok B4 TK Negeri Pembina Palu |