| JudulPERANAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENGEMBANGAN NILAI-NILAI MORAL PADA ANAK DI KELOMPOK B TK GKST EFRATA WATUSONGU KECAMATAN ULUBONGKA KABUPATEN TOJO UNA-UNA |
| Nama: Delvini Alviana.Lari |
| Tahun: 2019 |
| Abstrak Masalah utama dalam penelitian ini adalah nilai-nilai moral pada anak belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan nilai-nilai moral pada anak di kelompok B TK GKST Efrata Watusongu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 15 anak, terdiri dari 7 anak laki laki dan 8 anak perempuan, terdaftar pada tahun 2018/2019. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase. Pada minggu pertama hasil penelitian pengembangan nilai-nilai moral pada anak dalam aspek bertanggung jawab, kebersihan diri dan lingkungan dan sopan santun kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) (0%), kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) (22,22%), kategori Mulai Berkembang (MB) (42,22%), kategori Belum Berkembang (BB) (35,56%). Pada minggu keempat hasil penelitian pengembangan nilai-nilai moral pada anak dalam aspek bertanggung jawab, kebersihan diri dan lingkungan dan sopan santun terjadi peningkatan dengan kategori Berkembang sangat Baik (BSB) (35,55%), kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) (42,22%), kategori Mulai Berkembang (MB) (20%), kategori Belum Berkembang (BB) (2,23%). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peranan metode demonstrasi terhadap pengembangan nilai-nilai moral pada anak di kelompok B TK GKST Efrata Watusongu. Bukti hasil pengamatan setelah dirata-ratakan minggu pertama dan minggu keempat BSB 0% menjadi 35,55%, BSH 22,22% menjadi 42,22%, MB 42,22% menjadi 20%, BB 35,56% menjadi 2.23%. |