Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
Judul PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI KELOMPOK B PAUD KT WARA PANTOLOAN KECAMATAN TAWAELI
Nama: Damayanti
Tahun: 2019
Abstrak
Damayanti.(2019). Penerapan Metode Bercerita Dengan Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Kelompok B PAUD KT Wara Pantoloan Kecamatan Tawaeli. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) I Putu Suwika (2) Aminah. Permasalahan dalam tulisan ini adalah perkembangan bahasa anak yang belum sesuai dengan harapan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Penerapan Metode Bercerita dengan Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Metode Penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kelompok B PAUD KT Wara Pantoloan, yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Sebelum diterapkan Metode Bercerita dengan Gambar terhadap Perkembangan Bahasa, data menunjukkan bahwa pada aspek menceritakan gambar terdapat (0% )anak kategori BSB, (8,33%) anak pada kategori BSH, (16,67%) anak pada kategori MB dan (75%) anak pada kategori BB. Aspek mengajukan pertanyaan terdapat (8,33%) anak pada kategori BSB,(8,33%) anak pada kategori BSH, (16,67%) anak pada kategori MB dan (66,67%) anak pada kategori BB. Aspek menjawab pertanyaan terdapat (8,33%) anak pada kategori BSB,(8,33%) anak pada kategori BSH, (16,67%) anak pada kategori MB dan (66,67%) anak pada kategori BB. Setelah penerapan metode bercerita dengan gambar terjadi peningkatan, aspek menceritakan gambar (33,33%) anak pada kategori BSB,(25%) anak pada kategori BSH, (16,67%) anak pada kategori MB dan (25%) anak pada kategori BB. Aspek mengajukan pertanyaan (41,67%) anak pada kategori BSB, (25%) anak pada kategori BSH, (25%) anak pada kategori MB dan (8,33%) anak pada kategori BB. Aspek menjawab pertanyaan (41,67%) anak pada kategori BSB, (25%) anak pada kategori BSH, (25%) anak pada kategori MB dan (8,33%) anak pada kategori BB. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bercerita dengan gambar terhadap perkembangan bahasa anak. Kata Kunci: Metode Bercerita dengan gambar, Perkembangan Bahasa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up