Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK BUDI UTOMO DONGGULU KECAMATAN KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Nama: Hardianti
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Hardianti. (2019). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Kelompok B TK Budi Utomo Donggulu Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Andi Agusniati dan Pembimbing (II) Haerul Annuar Masalah utama dalam penelitian ini, yaitu perilaku sosial anak di Kelompok B TK Budi Utomo Donggulu Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong. Belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat permainan edukatif terhadap perilaku sosial anak di Kelompok B TK Budi Utomo Donggulu Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong. Metode penelitian yang di gunakan yaitu penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun subyek penelitian ini berjumlah 20 anak.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengelolaan data di lakukan dengan teknik persentase. Hasil pengamatan menunjukan bahwa ada pengaruh alat permainan edukatif terhadap perilaku sosial anak di Kelompok B TK Budi Utomo Donggulu Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong. Data sebelum perlakuan menggunakan alat permainan edukatif terhadap perilaku sosial dalam aspek bekerjasama kategori berkembang sangat baik (BSB) dari 10% menjadi 15%, kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dari 20% menjadi 30%, kategori mulai berkembang (MB) dari 25% menjadi 35%, kategori belum berkembang (BB) dari 45% menjadi 20%. Pada aspek sopan santun kategori berkembang sangat baik (BSB) dari 15% menjadi 20%, kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dari 20% menjadi 35%, kategori mulai berkembang (MB) dari 30% menjadi 30% menjadi 35%, kategori belum berkembang (BB) dari 35% menjadi 15%. Aspek patuh terhadap peraturan kategori berkembang sangat baik (BSB) dari 10% menjadi 25%, kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dari 15% menjadi 30%, kategori mulai berkembang (MB) dari 25% menjadi 30%, kategori belum berkembang (BB) dari 10% menjadi 20%. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh alat permainan edukatif terhadap perilaku sosial anak di kelompok B TK Budi Utomo Donggulu Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong. Kata kunci :Alat Permainan Edukatif ; Perkembangan perilaku sosial

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up