Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERANAN METODE BERCERITA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK PAUD PKK MAKAPANDE TOLITOLI
Nama: YUNI DAHNIARTI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Yuni Dahniarti. (2019). Peranan metode bercerita terhadap perilaku sosial anak Di kelompok B TK PAUD PKK Makapande Tolitoli. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1), Andi Agusniatih dan Pembimbing (II), Shofiyanti Nur Zuama. Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku sosial anak belum berkembang sesuai harapan. Berkaitan dengan masalah tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangan perilaku sosial anak melalui metode bercerita. Metode penelitian ini adalah kualitatif, jenis deskriptif, subjeknya seluruh anak di kelompok B TK PAUD PKK Makapande Tolitoli, yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan teknik presentase. Hasil penelitian sebelum diberikan metode bercerita pada aspek perilaku sosial berbagi, tolong menolong, dan tanggung jawab, terdapat 7 % anak kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 15 % anak kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 27 % anak kategori Mulai Berkembang (MB) dan 51 % anak kategori Belum Berkembang (BB). Kemudian setelah menggunakan metode bercerita mengalami perkembangan yang signifikan pada aspek perilaku sosial berbagi, tolong menolong, dan tanggug jawab, yaitu terdapat 31 % anak kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 47% anak kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 15 % anak kategori Mulai Berkembang (MB), dan 7 % anak kategori Belum Berkembang (BB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada Peranan metode bercerita terhadap perilaku sosial anak. Kata Kunci: Metode Bercerita, Perilaku Sosial.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up