JudulPENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK DI PAUD NURUL ILMI KELURAHAN LEOK 1 KECAMATAN BIAU KABUPATEN BUOL NURSELLA B. MANGGE Stambuk A 411 15 064 SKRIPSI Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mendapatkan Gelar Sarjana Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TADULAKO TAHUN 2019 |
Nama: Nursella B Mangge |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Nursella B Mangge, (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Minat Belajar Anak di Kelompok B Paud Nurul Ilmi Kelurahan Leok Kecamatan Biau Kabupaten Buol. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1), Andi Agusniatih dan Pembimbing (II), Hj. Shofiyanti Nur Zuama Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya minat belajar anak. Berkaitan dengan masalah tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatan minat belajar anak melalui metode bermain peran. Metode penelitian ini adalah kualitatif, jenis deskriptif, subjeknya seluruh anak di kelompok B Paud Nurul Ilmi Kelurahan Leok Kecamatan Biau Kabupaten Buol, yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian sebelum diberikan perlakuan pada aspek perhatian, aspek ketertarikan, dan aspek kemauan mengerjakan tugas, terdapat 9 % anak kategori Sangat Tinggi (ST), 11 % anak), kategori Tinggi (T), 29% anak kategori Sedang (S) dan 51 % anak kategori Rendah (R). Kemudian setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan yang signifikan pada aspek perhatian, aspek ketertarikan, dan aspek kemauan mengerjakan tugas, yaitu terdapat 47 % anak kategori Sangat Tinggi (ST), 35% anak kategori kategori Tinggi (T), 13 % anak kategori sedang (S), dan 0 % anak kategori rendah (R) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Minat Belajar Anak Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Minat Belajar Anak. |