| JudulPERANAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI KELOMPOK B RA PERWANIDA VII SAWI LINGKUNGAN POLEMAJU KEL. BAMBALAMOTU KEC. BAMBALAMOTU KAB. PASANGKAYU |
| Nama: Nurfadila |
| Tahun: 2019 |
| Abstrak Nurfadila 2019, Peranan Media Gambar Terhadap Motivasi Belajar Anak di Kelompok B RA Perwanida VII Sawi Lingkungan Polemaju Kel. Bambalamotu Kec. Bambalamotu Kab. Pasangkayu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Muraeni Mursanib, M.Si (2) Haerul Annuar. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat motivasi anak dengan menggunakan media gambar, kendala guru dalam memotivasi belajar anak dengan menggunakan media gambar. Dan peranan guru dalam memotivasi belajar anak dengan menggunakan media gambar. Subyek penelitian ini yaitu di kelompok B RA Perwanida VII Sawi. Data yang dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil pengumpulan data pada minggu pertama, pada aspek antusias mengikuti materi pembelajaran kategori Tinggi (T) 10%, Sedang (S) 10%, dan Rendah (R) 80%. Aspek aktif mengerjakan tugas kategori Tinggi (T) 10 % Sedang (S) 15% dan Rendah (R) 75%. Aspek mengumpulkan tugas tepat waktu kategori Tinggi (T) 5%, Sedang (S) 20%, dan Rendah (R) 75%. Setelah minggu keempat, aspek antusias mengikuti materi pembelajaran kategori Tinggi (T) 60%, Sedang (S) 30%, dan Rendah (R) 10%. Aspek aktif mengerjakan tugas kategori Tinggi (T) 65%, Sedang (S) 25%, dan Rendah (R) 10%. Aspek mengumpulkan tugas tepat waktu kategori Tinggi (T) 55%, Sedang (S) 35%, dan Rendah (R) 10%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peranan media gambar dengan motivasi belajar anak di kelompok B RA Perwanida VII Sawi Lingkungan Polemaju Kel. Bambalamotu Kec. Bambalamotu Kab. Pasangkayu. Kata Kunci: Media Gambar, Motivasi Belajar |