JudulPENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK DI KELOMPOK B TK INSAN KAMIL AMPIBABO |
Nama: Rahmawati S |
Tahun: 2019 |
Abstrak Rahmawati S 2019, Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Anak di Kelompok B TK Insan Kamil Ampibabo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) I Putu Suwika (II) Haerul Annuar. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah Anak belum dapat berkomunikasi secara lisan dengan baik, Kurang nya kemampuan kosa kata dan Masih belum dapat menjawab pertanyaan. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subyek penelitian ini adalah seluruh anak di Kelompok B TK Insan Kamil Ampibabo yang berjumlah 16 anak, yakni 10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minggu pertama rekapitulasinya diperoleh rata-rata 10,41% anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), terdapat 16,66?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), terdapat 20,83?lam kategori Mulai Berkembang (MB), dan terdapat 52,08?lam kategori Belum Berkembang (BB). Selanjutnya, pada minggu kedua dari hasil rekapitulasi diperoleh rata-rata terdapat 37,5% anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), terdapat 33,34?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), terdapat 14,58?lam kategori Mulai Berkembang (MB), dan terdapat 14,58?lam kategori Belum Berkembang (BB). Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Kemampuan Berkomunikasi ? |