Judul PENGARUH KEGIATAN FINGER PAINTING TERHADAP KREATIVITAS ANAK DI KELOMPOK B6 TK AISYIYAH II PALU |
Nama: SUMINAH |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Suminah, (2019). Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Di Kelompok B6 TK Aisyiyah II Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini,Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Muraeni Mursanib, Pembimbing (II) Haerul Annuar. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu kurangnya kreativitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Finger Painting terhadap kreativitas anak di kelompok B6 TK Aisyiyah II Palu. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif Subjek penelitian berjumlah 15 anak yang terdiri dari 5 anak laki laki dan 10 anak perempuan. Pengumpulan data di lakukan dengan teknikobservasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data di lakukan dengan teknikpresentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minggu pertama hasilrekapitalasi rata rata, kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) terdapat 6,66% anak,kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 13,33% anak, kategori Mulai Berkembang (MB) 33,33% anak, kategori Belum Berkembang (BB) 46,66% anak. Minggu kedua hasil rekapitulasi diperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) 26,66% anak,kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 46,66% anak kategori Mulai Berkembang (MB) 19,99% anak, kategori Belum Berkembang (BB) 6,66% anak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kegiatan Finger Painting terhadap kreativitas anak di kelompok B6 TK Aisyiyah II Palu. Kata Kunci: Kegiaatan Finger Painting, Kreativitas Anak ? |